HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF, KINERJA GURU PEMBIMBING DAN KINERJA PEMBIMBING DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Pratomo, Febrian Widhi (2015) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF, KINERJA GURU PEMBIMBING DAN KINERJA PEMBIMBING DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16 FEBRIAN WIDHI P (10505241023).pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar hubungan nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran produktif dengan prestasi prakerin siswa kelas XII Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Seyegan.(2) Mengetahui seberapa besar hubungan kinerja guru pembimbing dengan prestasi prakerin siswa kelas XII Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Seyegan.(3) Mengetahui seberapa besar hubungan kinerja pembimbing di industri dengan prestasi prakerin siswa kelas XII Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Seyegan. (4) Mengetahui seberapa besar hubungan prestasi belajar mata pelajaran produktif ,kinerja guru pembimbing dan kinerja pembimbing di industri dengan prestasiprakerin siswa kelas XII program keahlian bangunan SMKN 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dengan jumlah 92 dari siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 1 Seyegan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas instrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Prestasi belajar mata pelajaran produktif mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi prakerin dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,225 dan memiliki sumbangan efektif terhadap variabel Y sebesar 4%. (2) Kinerja guru pembimbing mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi prakerin dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,206 dan memiliki sumbangan efektif terhadap variabel Y sebesar 3,2%. (3) Kinerja pembimbing di industri mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi prakerin dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,210 dan memiliki sumbangan efektif terhadap variabel Y sebesar 3,3%. (4) Prestasi belajar mata pelajaran produktif, kinerja guru pembimbing dan kinerja pembimbing di industri berhubungan secara positif dan signifikan dengan prestasi prakerin dibuktikan dengan koefisien korelasi Rhitung sebesar 0,339 koefisien determinan AR2 sebesar 0,085 dan persaman Y=49,040+0,402X1+0,032X2+0,034X3. Kata Kunci: mata pelajaran produktif, guru pembimbing, pembimbing industri, prestasi prakerin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item