PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK ANTARA METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE TEACHER CENTER LEARNING PADA KONSEP RESULTANTE GAYA DI SMK N 1 MAGELANG

Purwoko, Lilik Adhi (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK ANTARA METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE TEACHER CENTER LEARNING PADA KONSEP RESULTANTE GAYA DI SMK N 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14 Lilik Adhi Purwoko 10505241015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode accelerated learning dan teacher center learning pada mata pelajaran mekanika teknik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa siswi SMK Negeri 1 Magelang. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X BC (kelompok kontrol) dan X BD (kelompok eksperimen), yang masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan strata ataupun random/daerah. Metode pengumpulan data untuk mengukur peningkatan hasil belajar mekanika teknik siswa menggunakan pretest dan posttest. Validasi instrumen diuji dengan Judgement Expert dan Microsoft Excel. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) standar deviasi dari hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol hampir sama yaitu 7,626 (kelompok eksperimen) dan 8,576 (kelompok kontrol), hal ini menunjukan kemampuan siswa pada kedua kelompok setara; (2) nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (79,15 > 65,30), hal ini menunjukan penggunaan metode accelerated learning menghasilkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik; (3) berdasarkan uji hipotesis didapatkan thitung (1,49) ˂ t0,05 (1,99), dengan demikian maka dapat dinatakan bahwa hipotesis diterima. Oeh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dan positif antara yang diajar dengan Metode Acelerated Learning dan Teacher Center Learning pada mata pelajaran mekanika teknik siswa di SMK Negeri 1 Magelang. Kata kunci: Accelerated Learning, Teacher Center Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item