PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MENGGAMBAR BAGIAN-BAGIAN MELALUI METODE SQ4R PADA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X BB2 SMK N 1 PENGASIH

Rita, Nofia Sari (2014) PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MENGGAMBAR BAGIAN-BAGIAN MELALUI METODE SQ4R PADA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X BB2 SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, -.

[img]
Preview
Text
2014-ptbb.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MENGGAMBAR BAGIAN-BAGIAN BUSANA MELALUI METODE SQ4R PADA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X BB2 SMK N 1 PENGASIH Oleh Rita Nofia Sari 09513244026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode pembelajaran SQ4R pada mata pelajaran menggambar busana dengan materi bagian-bagian busana siswa kelas X BB2 dan (2) peningkatkan kompetensi menggambar busana melalui metode SQ4R pada materi pelajaran bagian-bagian busana pada siswa kelas X BB2 di SMK Negeri 1 Pengasih. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X BB2 SMK N 1 Pengasih sebanyak 32 siswa. Desain dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, tes tertulis pilihan ganda dan lembar penilaian unjuk kerja. Instrumen diuji menggunakan judgment expert dan uji reliabilitas untuk instrumen kognitif (tes) menggunakan rumus Kuder Richardson KR-20, sedangkan uji reliabilitas untuk instrumen afektif (observasi) dan psikomotorik (unjuk kerja) menggunakan antar rater. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran SQ4R dalam pembelajaran pada mata pelajaran menggambar rok dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :a) pendahuluan, yakni guru mengucapkan salam pembuka, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan melakukan apresiasi. b) penyajian, yakni guru membagikan desain sesuai kelompok dan siswa disuruh untuk mendiskusikan desain tersebut (survey), siswa diminta menuliskan pertanyaan sesuai materi bagian-bagian busana yang belum diketahui dalam kelompok (question), siswa disuruh untuk membaca materi secara aktif dalam menyari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun pada materi bagian-bagian busana (read), setiap siswa belajar memahami materi yang telah diajarkan dan memberikan contoh (reflect), setiap anggota kelompok mengkomunikasikan jawaban yang telah ditemukan (recite), setiap anggota kelompok mengulang kembali kesimpulan dari materi tersebut dan meringkas tentang materi yang sudah dipelajari (review), dan kemudian masing-masing siswa mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, c) penutup, yakni guru memberikan kesimpulan dan evaluasi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siswa pada siklus I setelah dikenakan penerapan metode pembelajaran SQ4R nilai yang tuntas 10 siswa dan terdapat 22 siswa (68,8%) yang belum mencapai KKM. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai siswa meningkat menjadi 94,2, dan seluruh siswa (100 %) mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Simpulan: ada peningkatan kompetensi belajar bagian-bagian busana melalui metode SQ4R pada pelajaran menggambar busana. Kata Kunci: Kompetensi Belajar, Metode Pembelajaran SQ4R, Menggambar Busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item