PENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI BERMAIN MEMBENTUK BEBAS TERARAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Sri Uning, Puji Utami (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI BERMAIN MEMBENTUK BEBAS TERARAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Sri Uning Puji Utami_NIM 11111247044.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni melalui bermain membentuk bebas terarah pada anak kelompok B di TK Pedagogia Yogyakarta. Kreativitas seni membentuk bebas terarah yang ditingkatkan antara lain originalitas, fleksibilitas, fluency dan elaborasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral dari pendapat Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Suharsimi Arikunto) melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian adalah kreativitas seni melalui bermain membentuk bebas terarah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan membentuk bebas terarah dengan plastisin yang dilakukan secara individu dengan menggunakan tahap bermain paralel play dapat meningkatkan kreativitas seni. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya kemampuan kreativitas seni membentuk pada kondisi pra siklus berkriteria baik sebanyak 3 anak pada kondisi siklus I mengalami sedikit kenaikan menjadi 5 anak, sedangkan pada kondisi siklus II mengalami peningkatan sebanyak 15 anak, maka tindakan dihentikan karena kemampuan kreativitas seni membentuk bebas terarah sudah mencapai indikator keberhasilan. Adapun langkah-langkah pelaksanaan antara lain, (1) guru memberikan apersepsi tema, (2) guru memberikan penjelasan secara klasikal tentang cara membentuk dengan plastisin, (3) guru memberikan contoh kemudian anak berkreasi menggunakan media plastisin dan membentuk sesuai sub tema, (4) pembelajaran dilakukan dengan setting kelas baik di dalam maupun di luar kelas dengan tahap bermain paralel play, (5) guru membimbing dalam berkreasi membentuk bebas terarah. Kata kunci: kreativitas seni, bermain membentuk bebas terarah, TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item