TINGKAT KESESUAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN GAMBAR BANGUNAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DEPOK DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA DI YOGYAKARTA

Astikasari, Yogi (2015) TINGKAT KESESUAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN GAMBAR BANGUNAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DEPOK DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13 Yogi Astika Sari 12505247002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi mata pelajaran gambar bangunan SMK Negeri 2 Depok yang relevan dengan dunia kerja; (2) kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok akan tetapi tidak dibutuhkan di dunia kerja; (3) kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja akan tetapi yang tidak di ajarkan di SMK Negeri 2 Depok; (4) besar presentase tingkat kesesuaian antara kompetensi di SMK Negeri 2 Depok dengan yang dibutuhkan di dunia kerja. Tempat penelitian ini adalah Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok dan dunia kerja di wilayah DIY. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif non hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat 261 kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja dari 333 kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang ada pada kelas x sampai dengan kelas XIII yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (2) Terdapat 72 kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang tidak dibutuhkan di dunia kerja tetapi diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (3) Terdapat 135 kompetensi gambar bangunan yang dibutuhkan di dunia kerja tetapi tidak diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (4) Tingkat kesesuaian kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok dengan yang dibutuhkan di dunia kerja adalah sebesar 65,91% yaitu dalam kategori sesuai. Kata kunci : Kompetensi, Gambar bangunan, Kesesuaian, Dunia kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item View Item