PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA BESAR KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SEMAWUNG BANJAROYO KALIBAWANG KULONPROGO

Hesti, Wijayanti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA BESAR KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SEMAWUNG BANJAROYO KALIBAWANG KULONPROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skripsi 10111244032.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak-anak di TK Al Hidayah Semawung, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo melalui bermain lempar tangkap bola besar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar di kelas B. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK. Subjek yang diteliti adalah anak TK Al Hidayah kelompok B yang berjumlah 17 anak terdiri dari 11 perempuan dan 6 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak-anak di kelompok B TK Al Hidayah Semawung, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada kondisi awal keseimbangan anak sebesar 12%, kekuatan 6% dan kelentukan 18%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi keseimbangan 53%, kekuatan 53% dan kelentukan 53%. Pada tindakan siklus II keseimbangan anak telah mencapai 94%, kekuatan 94% dan kelentukan 100%. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui bermain lempar tangkap bola besar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Kata kunci : motorik kasar, lempar tangkap bola besar, kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item