PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ANIMASI PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KKLKMD SEDYO RUKUN, BAMBANGLIPURO BANTUL

Sunarni (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ANIMASI PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KKLKMD SEDYO RUKUN, BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUNARNI (11111247002).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media animasi pada anak Kelompok B1 TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek penelitian adalah 16 anak Kelompok B1 yang terdiri dari tujuh anak perempuan dan sembilan anak laki-laki. Objek penelitian adalah keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila skor rata-rata kelas dalam keterampilan membaca permulaan mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan anak melalui media animasi. Pada kegiatan Pratindakan sebesar 41%, meningkat pada Siklus I menjadi 49%, dan meningkat pada Siklus II menjadi 86%. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah: 1) Anak mengamati dan mengenal media animasi dan alat yang digunakan; 2) Anak menonton media animasi dan mendengarkan penjelasan guru secara secara klasikal; 3) Anak diberikan contoh pengucapan (anak mendengarkan kemudian menirukan); dan 4) Anak maju ke depan secara individu untuk menjalani rangkaian kegiatan dari melafalkan huruf, membaca huruf, merangkai huruf menjadi suku kata, merangkai suku kata menjadi kata dengan media animasi sebagaimana yang telah dijelaskan guru. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media animasi, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13148

Actions (login required)

View Item View Item