PERAN KLIPING MEDIA CETAK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN ORIENTAL (PMO) PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 GODEAN YOGYAKARTA

Noviarni Pujiastuti, Ika (2015) PERAN KLIPING MEDIA CETAK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN ORIENTAL (PMO) PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui minat belajar siswa pada kelas kontrol sebelum dan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan kliping media cetak sebagai media pembelajaran, (2) untuk mengetahui minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan kliping media cetak sebagai media pembelajaran, (3) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dilaksanakan pembelajaran menggunakan kliping media cetak sebagai media pembelajaran, (4) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan kliping media cetak sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Godean Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-posttestt control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas X Bg 1 dan X Bg 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, validitas instrumen dengan uji coba instrumen pada kelas X Bg 3 dengan jumlah siswa 33 siswa dan analisis dengan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen di analisis dengan rumus alpha cronbach dengan nilai r: 0,912, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Minat belajar siswa pada kelas kontrol sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan kliping media cetak tinggi, (2) Minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan kliping media cetak tinggi, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum penggunaan media pembelajaran, Minat belajar sebelum perlakuan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 0,23%, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan media pembelajaran, Minat belajar setelah perlakuan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 17,74%.. Kata kunci: Kliping media cetak, Minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:37
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item