PENGARUH KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEJURUAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BAGUNAN DI SMK N NEGERI 1 SEYEGAN

Armoko, Taufik Windi (2015) PENGARUH KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEJURUAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BAGUNAN DI SMK N NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9 Taufik Windi 09505244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kinerja mengajar guru program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan; (2) kecenderungan prestasi belajar kejuruan siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan; dan (3) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar kejuruan siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan di SMK N 1 Seyegan pada bulan September 2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan yang berjumlah 63 siswa. Sampel sebanyak 54 siswa ditentukan berdasarkan tabel Krejcie-Morgan, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan skala likert dan dokumentasi nilai rapor. Uji validitas instrumen dengan expert judgement dan pengujian validasi isinya dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji liniearitas menggunakan uji F. Hipotesis diuji dengan analisis regresi sederhana program SPSS v. 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kinerja mengajar guru program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan dipersepsi oleh siswa dengan skor sangat tinggi; (2) Prestasi belajar kejuruan siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan untuk tiga mata pelajaran kejuruan mendapat nilai sangat tinggi dan satu mata pelajaran kejuruan mendapat nilai tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja mengajar guru terhadap empat prestasi belajar mata pelajaran kejuruan siswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan. Determinasi kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung sebesar 32,5%, terhadap prestasi belajar mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak 2 sebesar 7,5%, terhadap prestasi belajar mata pelajaran Menggambar Konstruksi Beton Bertulang dan Baja sebesar 11,3%, terhadap prestasi belajar mata pelajaran Menggambar Desain Interior sebesar 34,4%. Kata Kunci : Kinerja Mengajar Guru, Prestasi Belajar Kejuruan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:37
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item