Sri Rakhmawati (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Sri_Rakhmawati_07201244049.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul “Keefektifan Penggunaan Media Gambar Peristiwa dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta” bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan media gambar peristiwa dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan media gambar peristiwa pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar peristiwa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretestt-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar peristiwa dan kemampuan menulis puisi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta. Sampel penelitian adalah kelas VIIC dan VIID. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,880 yang lebih besar dari koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest menulis puisi siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 5 siswa yang mendapat skor rendah, 26 siswa mendapat skor sedang, dan 1 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen tidak ada siswa yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor sedang, dan 14 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -7,965 dengan df 31 dan t tabel 2,042 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media gambar peristiwa efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi karena nilai thitung < -t tabel (-7,965 < -2,042). Berdasarkan hasil tersebut, maka media gambar peristiwa efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi di kelas VII SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta. Kata kunci: keefektifan, media gambar peristiwa, pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Virga FBS |
Date Deposited: | 29 Jun 2012 07:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 14:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
View Item |