PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI DI SMK N 1 SEYEGAN

Wijayanto, Tommy (2015) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7 Tommy 09505241027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat keaktifan siswa dalam memanfaatkan situs jejaring sosial facebook di sekolah (2) tingkat prestasi belajar siswa (3) pengaruh keaktifan siswa dalam memanfaatkan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan sebanyak 58 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 42 responden ditentukan dengan nomogram Harry King, selanjutnya sampel disetiap kelas ditentukan dengan teknik sampling proporsional. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) tingkat keaktifan siswa dalam jejaring sosial facebook masuk kategori cukup aktif dengan presentase 40,47% (2) tingkat prestasi siswa masuk kategori baik dengan presentase 100% (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan siswa dalam jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,05; Kata Kunci : facebook, keaktifan dan prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:23
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item