EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Wiendi Dwi Nugroho, Wiendi (2015) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan subyek siswa kelas VIII dengan jumlah 6 siswa sebagai kelompok kontrol dan 6 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive. Metode penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala, dan Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi belajar yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan uji wilcoxon. Validitas skala motivasi belajar dari 48 item ada 7 item yang gugur dan 41 item dinyatakan valid, sedangkan reliabilitas skala motivasi belajar sebesar 0,745 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian treatment dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom efektif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest diperoleh hasil 4 siswa (66,7%) pada kategori rendah, 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang dan tidak ada siswa yang berada pada kategori tinggi. Pada posttest diperoleh hasil 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang, 4 siswa (66,7%) pada kategori tinggi dan tidak ada siswa pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil Uji Wilcoxon dimana nilai Z sebesar -2,207 dan signifikasi p-value sebesar 0,027 diketahui bahwa sig < α (0,05), mean pada pretest kelompok eksperimen sebesar 80,6 dan pada posttest kelompok eksperimen sebesar 124,3 yang artinya postest pada kelompok eksperimen lebih besar dibanding hasil pretest, maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil pretest dengan hasil posttest kelompok eksperimen. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Kata kunci: bimbingan kelompok teknik homeroom, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item