PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN DI KELAS XA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK N2 PENGASIH KULON PROGO

Bernardus Manullang, Briston (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN DI KELAS XA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK N2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5 Briston 09505241010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa teknik bangunan mata pelajaran ilmu bangunan dikelas XA Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di SMK N.2 Pengasih Kulon Progo. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas berupa kelas kontrol dan kelas eksperimen, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA Program Keahlian Konstruksi Batu Beton di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil semua siswa kelas XA yang berjumlah 32 siswa, 16 siswa sebagai kelompok Eksperimen (XA2) dan 16 siswa sebagai kelompok Kontrol (XA1). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (menggunakan teknik analisis chi kuadrat) dan uji homogenitas. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t kelompok terpisah (independent sample test). Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional. Dimana thitung 2,095. Pvalue Sig. = 0,045 < 0,05. Rerata nilai belajar siswa menggunakan metode resitasi sebesar 60 dan nilai rerata siswa menggunakan metode konvensional sebesar 45,25. Perbedaan hasil belajar menggunakan metode resitasi dengan konvensional sebesar 14,75 atau sebesar 0,246%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar penggunaan metode resitasi lebih besar dari hasil belajar metode konvensional. Analisis hasil tes siswa yang diuji dengan uji-t dengan perolehan thitung > ttabel (2,095 > 2,045) . Kata kunci : pembelajaran, metode resitasi, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item