PENINGKATAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PERSON CENTERED PADA SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Andari, Andari (2015) PENINGKATAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PERSON CENTERED PADA SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
sKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan diri (self disclosure) pada siswa kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta melalui konseling kelompok dengan pendekatan person centered. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, observasi, dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala model likert yaitu skala keterbukaan diri (self disclosure), pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah kategorisasi tingkatan yaitu rendah, sedang dan tinggi. Reliabilitas skala keterbukaan diri (self disclosure) sebesar 0,880. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri (self disclosure) dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan pendekatan person centered pada siswa kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Peningkatan ini dapat dibuktikan dengan hasil pre-test sebesar 97,8, hasil post-test I sebesar 104, dan hasil post-test II sebesar 111,8. Selain itu juga, peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa telah dapat berkomunikasi dan mengungkapkan diri dengan baik dan dari hasil wawancara dengan siswa, siswa mengakui bahwa dengan adanya kegiatan konseling kelompok siswa dapat mengungkapkan diri, merasa terbantu dalam memecahkan masalah dan memiliki pandangan positif terhadap suatu masalah terkait dengan keterbukaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item