PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIVE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN STATIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Mega Nirwana, Novi (2015) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIVE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN STATIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4 NOVI MEGA NIRWANA 08505244010.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Statika siswa kelas X program keahlian Konstruksi Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran kooperative group investigation dengan metode konvesional. Desain penelitian Quasi Experimen Design. Variable penelitian ini meliputi variable bebas yaitu metode group investigation dan metode konvensional sedangkan variable terikatnya adalah prestasi belajar Statika. Populasi penelitian ini adalah populasi terbatas yaitu seluruh siswa kelas X teknik kerja kayu dan teknik gambar bangunan 2. Siswa X teknik gambar bangunan berjumlah 31 menjadi kelompok experiment dan siswa X teknik kerja kayu berjumlah 26 menjadi kelompok kontrol. Kelompok experiment adalah kelas yang mendapat perlakuan metode group investigation sedangkan kelompok control adalah kelas yang menggunakan metode ceramah. Pengambilan data menggunakan tes prestasi belajarStatika yang berupa pre test dan post test. Uji coba instrument meliputi uji validitas dan uji tingkat kesukaran soal. Uji Analisis prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas dengan perlakuan metode kooperatif group investigation dibandingkan kelas dengan perlakuan metode ceramah dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Statika. Hal ini dapat dilihat dalam peningkatan nilai rata-rata post test pada kelas experiment yaitu (80,10) lebih tinggi dibanding rata rata kelas control yaitu (71,92) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dengan p<0,05. Dengan demikian metode koperatif group investigation mempunyai pengaruh positif untuk meningkatkan prestasi belajar Statika siswa kelas X jurusan Konstruksi Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta. Kata kunci : Perbedaan prestasi belajar menggunakan kooperative Group Investigation dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:03
Last Modified: 17 Mar 2015 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item