PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA BALOK CRUISSENAIRE PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK PERTIWI NANGSRI MANISRENGGO KLATEN

Maharani (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA BALOK CRUISSENAIRE PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK PERTIWI NANGSRI MANISRENGGO KLATEN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media balokcruissenaire pada anak kelompok B1 di TK Pertiwi Nangsri Manisrenggo Klaten tahun pelajaran 2013/2014.Salah satu bagian dari kemampuan matematika yang perlu dikembangkan di TK adalah kemampuan berhitung. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian anak Kelompok B1TK Pertiwi Nangsri Manisrenggo Klaten yang berjumlah20anak. Objek penelitian yaitu kemampuan berhitung 1-20. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen observasi yang berbentuk checklist.Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitungpada anak dapat ditingkatkan menggunakan media balokcruissenaire. Pada pra tindakan sampai Siklus I kemampuan berhitung mengalami peningkatan sebesar 19,23%, dan pada Siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,83%. Langkah-langkah pelaksanaan penggunaan media balokcruissenaire yang dapat meningkatkan kemampuan berhitungyaituguru menyiapkan peserta didik, guru mengenalkan dan menjelaskan media balok cruissenairepada anak, guru membagi 2 set balok cruissenaire pada setiap kelompok, anak menggunakan media balok cruissenaireuntuk berhitung 1-20, tetapi pada siklus II anak diajak untuk berkompetisi memindahkan balok cruissenairemenggunakan nampan sesuai jumlah yang disebutkan guru, dan anak diberi kesempatan maju di depan kelas untuk menunjukkan kemampuan berhitung menggunakan media balok cruissenaire. Kata kunci:kemampuan berhitung, media balokcruissenaire, anak kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item