MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL

Ratna, Endrasthi (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Ratna Endrasthi_10111244037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak kelompok A di TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A yang masih rendah dan kegiatan pembelajaran mengenal lambang bilangan hanya menggunakan LKA dan buku tulis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2014. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK KKLKMD Sedyo Rukun yang berjumlah 17 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pra Tindakan sebesar 58,82% meningkat 15,25% pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali 18,09% pada Siklus II menjadi 92,16%. Peningkatan ini terjadi karena langkah-langkah pembelajaran menggunakan media papan raba adalah membilang jumlah benda, mengenalkan lambang bilangan dengan papan raba, menunjukkan lambang bilangan pada papan raba, meraba lambang bilangan pada papan raba, menirukan lambang bilangan, dan memasangkan lambang bilangan dengan benda. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan,media papan raba, anak kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item View Item