Komparasi Hasil Belajar IPS Antara Penggunaan Model Pembelajaran Portofolio dan Problem Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta

Madyarini, Dyan Desi (2015) Komparasi Hasil Belajar IPS Antara Penggunaan Model Pembelajaran Portofolio dan Problem Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyan-desi-madyarini-12705251018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL, (2) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, (3) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan (4) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMP Negeri di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta yang keseluruhanya berjumlah empat sekolah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Validitas angket motivasi belajar dihitung menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan validitas tes hasil belajar dihitung dengan program iteman. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan formula alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian (Anava) dua jalur dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL (p = 0,005 < α 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (p = 0,000 < α 0,05), (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (p = 0,044 < α 0,05), dan (4) terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (p = 0,006 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran portofolio, problem based learning, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item