Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bolavoli Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas

Sulistiyo, Nanda (2015) Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bolavoli Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-nanda-sulistiyo.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh metode latihan komando dan metode latihan eksplorasi terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA, (2) perbedaan pengaruh koordinasi tinggi dan koordinasi rendah terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA, (3) interaksi metode latihan dan koordinasi terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA yang menyelenggarakan ekstrakurikuler bolavoli di Kabupaten Bantul. Sampel ditentukan 60 orang peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sewon dan SMA Negeri 2 Bantul dengan teknik purposive random sampling. Dari 60 orang dibagi menjadi kelompok atas sebesar 27% dan bawah sebesar 27% dari skor (Baumgarter, Jackson, Mahar, & Rowe, 2007: 463). Instrumen yang digunakan untuk tes koordinasi adalah tes koordinasi mata tangan dan kaki Baumgarter, Jackson, Mahar, & Rowe (2007: 343). Instrumen yang digunakan untuk tes passing adalah Kautz Volleyball Passing Test (Collins & Hodges, 2001: 297). Analisis data menggunakan Kolmogorof-Smirnov Test untuk normalitas. Uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistics, dan pengujian hipotesis menggunakan analisa data dengan analisis statistik parametrik berupa analisis variansi dua jalan (Two-Way Anova) dan uji lanjutnya (post-hoc test) dengan LSD (Least Square Difference) dan sampel berkorelasi pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian adalah sebagai berikut: 1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan komando dan metode latihan eksplorasi terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA. Keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA yang dilatih menggunakan metode komando lebih tinggi daripada yang dilatih menggunakan metode eksplorasi. 2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari koordinasi tinggi dan koordinasi rendah terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA. Siswa yang memiliki koordinasi tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki koordinasi rendah terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA. 3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara kedua kelompok metode latihan dan koordinasi terhadap peningkatan keterampilan passing bolavoli ekstrakurikuler SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode latihan, koordinasi, keterampilan passing bolavoli, sma
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item