PENDAPAT INDUSTRI TENTANG RELEVANSI KURIKULUM PELATIHAN PEMAGANGAN PERHOTELAN BALAI LATIHAN KERJA DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN FOOD & BEVERAGES PRODUCT DI HOTEL

Rini, Adhitya (2015) PENDAPAT INDUSTRI TENTANG RELEVANSI KURIKULUM PELATIHAN PEMAGANGAN PERHOTELAN BALAI LATIHAN KERJA DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN FOOD & BEVERAGES PRODUCT DI HOTEL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Relevansi Kurikulum BLK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Relevansi Kurikulum BLK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Relevansi Kurikulum BLK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Relevansi Kurikulum BLK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Relevansi Kurikulum BLK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kurikulum yang diajarkan di BLK. 2) Mengetahui pendapat industri tentang relevansi antara materi pelatihan pada Kurikulum pelatihan pemagangan perhotelan kompetensi food & beverages product di BLK Yogyakarta dengan kebutuhan tenaga kerja hotel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini chef dari 3 hotel tempat magang peserta pelatihan pemagangan perhotelan BLK Yogyakarta, yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan mata latihan food & beverages product dalam kurikulum pelatihan pemagangan perhotelan BLK Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk memperoleh data utama diambil dengan metode angket. Angket disusun dengan memperhitungkan validitas isi, menggunakan penilaian para ahli (judgement experts), sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data komplementer diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data pendukung yang berkenaan dengan kegiatan operasional dan fasilitas penunjang di BLK Yogyakarta. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Kurikulum program pelatihan pemagangan perhotelan di BLK Yogyakarta: a) Tujuan dan sasaran pemagangan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terampil, kompeten dan produktif. b) Mata latihan dalam kurikulum pelatihan pemagangan perhotelan tahun pertama terdiri dari; kelompok umum 73 jam latihan, kelompok inti 855 jam latihan, kelompok penunjang 8 jam latihan, rotasi kerja 896 jam latihan, uji ketrampilan 88 jam latihan, jumlah keseluruhan mata latihan tahun pertama 1920 jam latihan. Mata latihan tahun kedua terdiri dari; kelompok inti 808 jam latihan, rotasi kerja 1088 jam latihan, uji ketrampilan 24 jam latihan, jumlah keseluruhan mata latihan tahun kedua 1920 jam latihan. Mata latihan tahun ketiga terdiri dari; kelompok inti 584 jam latihan, rotasi kerja 1240 jam latihan, uji ketrampilan 96 jam latihan, jumlah keseluruhan mata latihan tahun ketiga 1920 jam latihan. 2) Pendapat industri terhadap materi pelatihan pada kurikulum program pelatihan pemagangan kejuruan perhotelan di BLK Yogyakarta kompetensi food & beverages product pada kemampuan kognitif 93% relevan dengan bidang pekerjaan di hotel, pada kemampuan afektif 92% relevan dengan bidang pekerjaan di hotel, pada kemampuan psikomotorik 93% relevan dengan bidang pekerjaan di hotel. Secara keseluruhan kesesuaian kurikulum kompetensi keahlian food & beverages product di BLK 93% relevan dengan bidang pekerjaan di hotel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item