Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare

Sukri, Yuni Faryanti (2015) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuni-faryanti-sukri-12712251021.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran tematik-integratif siswa kelas IV SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat motivasi dan prestasi belajar siswa dan variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran yaitu, tematik-integratif dengan pendekatan RME dan pembelajaran tematik-integratif biasa (konvensional). Desain penelitiannya yaitu nonequivalent groups pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah 4 SD di kecamatan Ujung Kota Parepare yang telah menerapkan kurikulum 2013. Dari ke 4 SD tersebut dipilih 2 SD yang letak lokasinya tidak terlalu berjauhan untuk memudahkan dalam penelitian. Dari kedua SD tersebut dipilih secara acak yaitu SDN 44 menggunakan pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan RME sebagai kelas eksperimen dan SDN 22 menggunakan pembelajaran tematik-integratif biasa (konvensional) sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket dan soal tes. Lembar angket digunakan untuk mengukur data motivasi siswa dan soal tes digunakan untuk mengukur data prestasi siswa. Kedua instrumen tersebut valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 20.0 pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05) Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan RME berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD dibandingkan dengan pembelajaran tematik-integratif biasa (konvensional) karena siswa berperan aktif dalam kesuksesan pembelajaran, siswa tidak menjadi pasif dan tidak hanya mendengarkan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatanRME, Pembelajaran tematik integratif biasa (konvensional), motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13110

Actions (login required)

View Item View Item