MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK A TK MARSUDI PUTRA, DAGARAN, PALBAPANG, BANTUL,YOGYAKARTA

Okki Ristya, Mutasi Ningsih (2015) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK A TK MARSUDI PUTRA, DAGARAN, PALBAPANG, BANTUL,YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Okki Ristya Mutasi Ningsih_10111241013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri melalui metode show and tell pada anak kelompok A TK Marsudi Putra, Dagaran, Palbapang, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat, khususnya dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang telah dikembangkan oleh peneliti. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A di TK Marsudi Putra sebanyak 17 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu percaya diri anak yang meliputi inisiatif, berani tampil, dan menunjukkan reaksi emosi tenang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan percaya diri anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh persentase percaya diri sebesar 35,29% dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 82,35%. Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode show and tell diawali dengan guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak. Kemudian guru memberi contoh show and tell secara klasikal. Selesai memberi contoh, guru mempersilakan anak yang akan show and tell untuk tunjuk tangan terlebih dahulu. Masing-masing anak show and tell di depan, dan ketika kesulitan dalam menyampaikan maknanya guru menstimulasi dengan cara memberikan pertanyaan. Setelah show and tell, masing-masing anak diberi pertanyaan yang berbeda oleh guru. Sebagai bentuk penguatan, anak diberi reward berupa pujian, thos, jempol, tepuk tangan dan stiker. Kata kunci: percaya diri, metode show and tell, kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item View Item