Model Asesmen Musabaqah Tilawah al-Quran (MTQ)

Bahrudin, Bahrudin (2013) Model Asesmen Musabaqah Tilawah al-Quran (MTQ). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-bahrudin-08701269007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian MTQ, khususnya dalam cabang tilawah, karena model penilaian yang selama ini digunakan dalam MTQ tidak sesuai dengan teori asesmen. Pengembangan model penilaian tersebut dilakukan secara simultan dengan pengembangan pedoman penilaian dan instrumen pengukurannya. Jenis penelitian ini adalah research and development, yang dimulai dengan research dan diteruskan dengan pengembangan model. Research ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kelemahan-kelemahan model penilaian MTQ Cabang Tilawah yang digunakan selama ini, dan informasi mengenai perlu atau tidaknya dilakukan pengembangan model penilaian MTQ Cabang Tilawah tersebut. Pengembangan model mengacu pada prosedur yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983), yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: tahap pra pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap implementasi/ diseminasi. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pra pengembangan adalah analisis model penilaian MTQ Cabang Tilawah yang digunakan selama ini, penentuan spesifikasi model penilaian MTQ Cabang Tilawah yang dikembangkan, serta menentukan strategi pembuatan indikator, pembuatan instrumen dan pedoman penilaian MTQ Cabang Tilawah. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pengembangan model adalah penulisan draf instrumen, analisis draf, dan uji coba model. Sedangkan implementasi dan diseminasi model dilakukan dengan mensosialisasikan model penilaian MTQ Cabang Tilawah hasil pengembangan, baik melalui seminar maupun publikasi. Penelitian ini menghasilkan pedoman penilaian MTQ Cabang Tilawah, serta instrumen penilaian tajwid, fashahah, suara, dan lagu, yang format masing-masingnya berbeda dengan yang biasa digunakan dalam penilaian MTQ Cabang Tilawah selama ini. Dari uji coba II (kelompok profesional) dan III (kelompok amatir) diketahui bahwa instrumen tersebut memiliki bukti validitas konstruk, yang terlihat dari perbedaan mean-score di antara keduanya. Dari uji beda rata-rata dua kelompok independen diketahui bahwa perbedaan mean-score tajwid adalah signifikan, dengan nilai t hitung sebesar 31,371 dan nilai signifikansi 0,000; perbedaan mean-score fashahah signifikan, dengan nilai t hitung sebesar 18,031 dan nilai signifikansi 0,000; perbedaan mean-score suara adalah signifikan, dengan nilai t hitung sebesar 11.627 dan nilai signifikansi 0,000; dan perbedaan mean score lagu signifikan, dengan nilai t hitung 9,831 dan nilai signifikansi 0,000. Instrumen penilaian MTQ Cabang Tilawah hasil pengembangan juga reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,97 untuk uji coba II, dan 0,96 untuk uji coba III.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 11 Jul 2022 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item