KEEFEKTIFAN TEKNIK MEMBACA DENGAN MENGENAL, MENJELASKAN, DAN MEMPERTIMBANGKAN GAGASAN PENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN NGUTER SUKOHARJO

SITI AISAH (2012) KEEFEKTIFAN TEKNIK MEMBACA DENGAN MENGENAL, MENJELASKAN, DAN MEMPERTIMBANGKAN GAGASAN PENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN NGUTER SUKOHARJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Siti_Aisah_07201244008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang diajar dengan teknik 4M dan kelompok siswa yang diajar tanpa teknik 4M serta menguji keefektifan penggunaan teknik membaca dengan mengenal, menjelaskan, dan mempertimbangkan gagasan penulis (4M) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Nguter Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Nguter Sukoharjo. Dari tiga SMP Negeri di Kecamatan Nguter yang menjadi populasi, terpilih SMP N 1 Nguter sebagai sampel penelitian. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas VII F sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VII E sebagai kelompok eksperimen. Data diperoleh dengan instrumen berupa tes membaca pemahaman. Butir soal yang digunakan untuk pretest dan posttest masing-masing berjumlah 30 soal. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Validitas isi dicapai melalui expert judgement . Penghitungan validitas butir soal menggunakan teknik Korelasi Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach . Koefisien reliabilitas tes adalah 0,870 untuk soal pretest dan 0,862 untuk soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, lebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Dari hasil tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perbedaan skor rata-rata pretest ke posttest yang signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 2, sedangkan skor rata-rata pretest ke posttest kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar -0,233. Hasil uji-t skor pretest tidak berbeda secara signifikan, diperoleh nilai t hitung sebesar 0,119; p=0,906 (0,906>0,05). Gainskor kelompok eksperimen sebesar 2,000; dengan nilai t hitung pretest dan posttest sebesar 2,515; p=0,018 (0,018<0,05 = signifikan). Pada kelompok kontrol terjadi penurunan sebesar -0,233; dengan nilai t hitung pretest dan posttest sebesar 0,492; p=0,624 (0,624>0,05 ≠ signifikan). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar menggunakan teknik 4M dan siswa yang diajar tanpa menggunakan teknik 4M, (2) pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik 4M lebih efektif dibanding pembelajaran membaca pemahaman tanpa teknik 4M.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:11
Last Modified: 29 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item