Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakart

Rusindrayanti, Rusindrayanti (2015) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakart. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-rusindrayanti.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemahaman guru matematika terhadap penyusunan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik, (2) implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika kelas VII pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2013/2014, dan (3) hambatan dan solusi yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran matematika kelas VII di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 20 orang guru matematika kelas VII, baik sekolah negeri maupun swasta, di lima kota/kabupaten di Provinsi DIY, yang sekolahnya menjadi sekolah uji coba Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar review dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru terhadap penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika kelas VII pada Kurikulum 2013 di DIY tahun 2013/2014 memiliki kriteria baik dengan rata-rata penilaian total 3,86 dari nilai maksimum 5 (2) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas VII pada Kurikulum 2013 di DIY tahun 2013/2014 memiliki kriteria baik dengan rata-rata penilaian total 3,65 dari nilai maksimum 5. (3) Terdapat hambatan pada pembuatan RPP yaitu, tidak ada pedoman yang pasti, kesulitan membuat instrumen pembelajaran, dan pada pelaksanaan pembelajaran, yaitu kesulitan melakukan penilaian, melaksanakan pembelajaran dengan langkah 5 M, kesulitan memahami petunjuk teknis Kurikulum 2013. Cara mengatasi hambatan di antaranya, yaitu aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP, mengikuti workshop/pelatihan yang diselenggarakan pemerintah/Kemendikbud, guru hendaknya kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan adanya pendampingan dari tim pengembang kurikulum, guru inti, kepala sekolah, serta pengawas tingkat kabupaten atau kota

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendekatan saintifik, matematika, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item