Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMK

Windarti, Windarti (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-windarti-11709251011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta mendeskripsikan kualitas modul berdasarkan pada kriteria dari Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang telah dimodifikasi. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: (1) tahap pendefisian kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap pengembangan dan evaluasi, (4) tahap akhir. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) uji coba/validasi ahli, (2) uji coba skala kecil, dan (3) uji coba skala besar/lapangan. Uji coba dilaksanakan di SMK Pangudi Luhur Muntilan pada siswa kelas X Teknik Pemesinan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, dan lembar penilaian siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran matematika yang memuat pendidikan karakter untuk siswa kelas X SMK pada materi logika yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen modul memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif. Modul hasil pengembangan berkriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru. Penilaian siswa berkategori minimal baik dengan persentase melebihi 80%. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan karakter jujur dari angket sebelum dan sesudah belajar menggunakan modul sebesar 84,38 %, karakter mandiri sebesar 78,10%, dan karakter tanggung jawab sebesar 71,88% .

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, logika, pendidikan karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item