Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Simulasi dengan Reinforcement di SMPN 2 Jetis Bantul Yogyakarta

Wulandari, Ratna (2014) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Simulasi dengan Reinforcement di SMPN 2 Jetis Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-wulandari-12705259011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IX C SMPN 2 Jetis Bantul setelah diterapkan metode simulasi dengan reinforcement. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrrom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX C SMPN 2 Jetis Bantul tahun pelajaran 2013/2014. Tindakan yang diterapkan adalah penerapan metode simulasi dengan reinforcement dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dan tes digunakan untuk menunjukkan hasil belajar siswa. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus I mengunakan model simulasi dengan reinforcement verbal dan siklus II menggunakan model simulasi dengan reinforcement non verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode simulasi dengan reinforcement meningkatkan aktivitas belajar IPS dari 14,28% pada siklus I menjadi 87,49% pada siklus II, meningkatkan hasil belajar IPS dari rata-rata kelas 81,07 pada siklus I menjadi 81,25 pada siklus II. Dengan demikian metode simulasi dengan reinforcement dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Reinforcement, Aktivitas siswa, Hasil Belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item