Pengaruh Pendekatan Analogi Personal terhadap Prestasi, Penalaran dan Kemandirian Siswa Materi Dimensi Dua di SMK

Podomi, Pivi Alpia (2015) Pengaruh Pendekatan Analogi Personal terhadap Prestasi, Penalaran dan Kemandirian Siswa Materi Dimensi Dua di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pivi-alpia-podomi-12709251008.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh pendekatan analogi personal terhadap prestasi, penalaran dan kemandirian, dan 2) mendeskripsikan keunggulan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan analogi personal dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi, penalaran, dan kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, populasinya seluruh siswa kelas X jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Kotamobagu yang terdiri dari 4 kelas, dari 4 kelas tersebut diambil sampel dengan undian 2 kelas, terpilih kelas X MM2 dan X MM4. Dari kedua kelas tersebut diundi, kelas X MM2 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes prestasi dan penalaran serta angket kemandirian belajar, dengan koefisien reliabilitas kemandirian 0,71. Untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan analogi personal terhadap variabel prestasi dan penalaran serta kemandirian belajar matematika siswa, data dianalisis dengan statistik Multivariate Analysis of Variance (Manova), sedangkan untuk menganalisis pendekatan manakah yang lebih unggul pada masing-masing variabel dependen digunakan uji statistik Independent Sample T-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan analogi personal terhadap prestasi dan penalaran serta kemandirian belajar matematika siswa pada siswa SMK Negeri 1 Kotamobagu, dan 2) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan analogi personal lebih unggul untuk digunakan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi, penalaran dan kemandirian

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan analogi personal, prestasi, penalaran dan kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item