Estimasi Parameter Kemampuan dan Butir Tes Matematika dengan Menggunakan Kombinasi 3PLM/GRM dan MCM/GPCM

Abadyo, Abadyo (2014) Estimasi Parameter Kemampuan dan Butir Tes Matematika dengan Menggunakan Kombinasi 3PLM/GRM dan MCM/GPCM. S3 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abadyo-07701261012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki keunggulan penyekoran menggunakan kombinasi MCM/GPCM dibandingkan dengan 3PLM/GRM pada tes matematika berformat butir-campuran. Untuk mencapai tujuan utama ini diselidiki dulu dampak kedua model penyekoran itu menurut panjang tes, ukuran sampel, dan proporsi butir M-C dalam tes format butir-campuran terhadap: (1) akurasi estimasi parameter kemampuan dan butir, (2) optimalisasi TIF, dan (3) penurunan kesalahan baku estimasi. Penelitian ini merupakan studi simulasi. Datanya dibangkitkan berdasarkan data nyata yang diadopsi dari respons jawaban 2.785 peserta UAN SMP matapelajaran matematika tahun 2003 di DIY. Respons dalam kode A, B, C, D diubah ke skor 0, 1 untuk 3PLM dan ke skor 1, 2, 3, 4 untuk MCM. Model-model GRM dan GPCM menggunakan skor 0, 1, 2, 3 yang diturunkan dari skor 0, 1. Komposisi dari skor-skor ini membentuk pola respons menurut kombinasi model itu dan dijalankan di PARSCALE. Pembangkitan data respons ini dikerjakan berdasar-kan desain faktorial efek tetap 3 x 3 x 3 x 2 dan 5 replikasi, jadi ada 270 himpunan data. Data ini dianalisis menggunakan MANOVA efek tetap pada RMSE kemam-puan, RMSE, RMSD parameter butir untuk mengetahui pengaruh utama yang signi-fikan, sedangkan interaksinya disatukan ke dalam kesalahan pengujian secara statis-tik. Statistik 2LL juga digunakan untuk mengevaluasi kecocokan model ke data. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan dari penampilan kombinasi 3PLM/GRM dan MCM/GPCM pada tingkat  = 0,05 dalam menganalisis tes format butir-campuran bidang matematika. Kombinasi MCM/GPCM memberikan akurasi estimasi yang lebih tinggi daripada 3PLM/GRM. Demikian pula nilai informasi tes yang diberikan oleh kombinasi MCM/GPCM tiga kali lebih tinggi daripada yang diberikan oleh 3PLM/GRM, walaupun tidak bisa dibuat simpulan yang 'solid' mengenai ukuran sampel dan proporsi butir M-C pada masing-masing panjang tes yang memberikan nilai optimal informasi tes itu. Terakhir, perbedaan nilai statistik kecocokan (fit statistics) antara kedua model penyekoran mengokohkan kedudukan kombinasi MCM/GPCM lebih dari 3PLM/GRM.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: estimasi, kemampuan, parameter butir, tes matematika, 3PLM/GRM, MCM/GPCM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 28 Jun 2022 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item