Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika

Sani, Budiman (2015) Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-budiman-sani-12709251054.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan siswa berpikir reflektif dengan siswa berpikir intuitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika dan 2) mendeskripsikan jenis kemampuan berpikir yang menunjukkan hasil yang lebih baik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program IPA se-Kota Yogyakarta dengan sampel penelitian seluruh siswa kelas XI Program IPA SMAN 2 Yogyakarta yang tersebar dalam 7 kelas paralel, seluruh siswa XI Program IPA SMAN 10 Yogyakarta yang tersebar dalam 4 kelas paralel dan seluruh siswa XI Program IPA SMAN 4 Yogyakarta yang tersebar dalam 5 kelas paralel. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah dan tes jenis kemampuan berpikir, sedangkan non-tes berupa angket jenis kemampuan berpikir. Untuk menyelidiki perbedaan kemampuan siswa berpikir reflektif dengan siswa berpikir intuitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika, data di analisis dengan uji multivariat menggunakan uji T2 Hotteling. Untuk menyelidiki jenis berpikir yang menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika yang lebih baik, data dianalsis dengan uji univariat mengunakan uji independent sample t tes. Uji normalitas yang digunakan adalah uji normalitas multivariat dengan menggunakan jarak mahalanobis kemudian dilakukan uji homogenitas multivariat dengan menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) terdapat perbedaan kemampuan siswa berpikir reflektif dengan siswa berpikir intuitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika. 2) terdapat perbedaan kemampuan siswa berpikir reflektif dengan siswa berpikir intuitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika disetiap kategori tingkat sekolah. 3) siswa berpikir reflektif menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa berpikir intuitif. 4) siswa berpikir reflektif menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa berpikir intuitif disetiap kategori tingkat sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif, Berpikir Intuitif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item