KEEFEKTIFAN MODEL PENGALAMAN BERBAHASA TERKONSENTRASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN KARYA PROSA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SSN DI KABUPATEN JEPARA

Sandi Sukmawati (2012) KEEFEKTIFAN MODEL PENGALAMAN BERBAHASA TERKONSENTRASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN KARYA PROSA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SSN DI KABUPATEN JEPARA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SANDI_SUKMAWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman karya prosa dengan menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman karya prosa tanpa menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi pada siswa kelas VII SMP Negeri SSN di Kabupaten Jepara; menguji keefektifan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi dalam pembelajaran membaca pemahaman karya prosa siswa kelas VII SMP Negeri SSN di Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri SSN di Kabupaten Jepara sebanyak 7 sekolah. Teknik penentuan sampel dengan simple random sampling untuk menentukan sampel sekolah dan cluster random sampling untuk menentukan sampel kelas. Berdasarkan hasil undian ditetapkan SMP Negeri 1 Welahan SSN sebagai sampel sekolah serta kelas VIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Validitas instrumen berupa validitas isi untuk mengetahui seberapa isi instrumen telah mencerminkan isi yang ditetapkan. Validitas konstruk dilakukan dengan mengkonsultasikan isi instrumen kepada ahlinya (Expert Judgement). Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil pengujian prasyaratan analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis Uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman karya prosa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai t hitung sebesar 0,957, p sebesar 0,002 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman karya prosa dengan menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman karya prosa tanpa menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi pada siswa kelas VII SMP Negeri SSN di Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil Uji-t dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai t hitung 2,290, p sebesar 0,025 (p < 0,05) (berbeda secara signifikan), kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 1,25, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 2,42. Berdasarkan perbedaan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen yang lebih besar dari kelompok kontrol, menunjukkan bahwa model pengalaman berbahasa terkonsentrasi lebih efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman karya prosa dibandingkan tanpa menggunakan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:09
Last Modified: 29 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item