Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP-SMP Negeri Andalan di Kabupaten Sleman

Sukamto, Yohanes (2014) Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP-SMP Negeri Andalan di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yohanes sukamto-06703254010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh : 1) kompetensi guru, 2) komitmen kerja guru, 3) motivasi kerja, dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yang dilaksanakan di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP negeri andalan se Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2012/2013, meliputi guru-guru di SMPN 1 Godean, SMPN 1 Sleman, SMPN 3 Sleman, SMPN 4 Pakem, SMPN 4 Depok, SMPN 1 Depok, dan SMPN 1 Kalasan sebanyak 262 guru. Sampel sebesar 150 orang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru berpengaruh positif (b1= 0,380) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 2) motivasi kerja berpengaruh positif (b3= 0,262) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 3) komitmen kerja berpengaruh positif (b2= 0,325) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 29 Dec 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item