Pengaruh Lesson Study Matematika terhadap Kompetensi Guru Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Muslikhah, Afifatul (2015) Pengaruh Lesson Study Matematika terhadap Kompetensi Guru Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-afifatul-muslikhah-11709251005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh lesson study matematika terhadap tiga ranah kompetensi guru, yakni professional knowledge, professional attributes dan professional practice secara simultan; dan (2) pengaruh lesson study terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian exposed-facto. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh guru dan seluruh siswa SMP yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri atas delapan sekolah, empat diantaranya adalah sekolah yang sudah melaksanakan lesson study serta dimonitori dan dievaluasi oleh UNY sejak tahun 2007, sedangkan empat sekolah lainnya merupakan sekolah yang belum melaksanakan lesson study. Untuk mengetahui pengaruh lesson study terhadap kompetensi guru dan prestasi belajar matematika siswa, data dianalisis dengan menggunakan uji Multivariate dan uji Univariate. Sebagai bahan pertimbangan, akan dianalisis pula data pendukung, yakni skor Uji Kompetensi Guru (UKG) dan data hasil Mnitoring dan Evaluasi lesson study. Berdasarkan data penelitian, data pendukung dan data hasil Monitoring dan Evaluasi (MonEv) kegiatan lesson study di kabupaten Bantul Yogyakarta, hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) tidak nampak adanya pengaruh yang signifikan dari kegiatan lesson study terhadap terhadap kompetensi guru. (2) Hasil analisis data Ujian Nasional (UN) mata pelajaran matematika menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang bermakna dari kegiatan lesson study terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Tidak nampak adanya pengaruh yang signifikan dari kegiatan lesson study ditinjau dari ketiga ranah kompetensi guru yakni ranah professional knowledge, ranah professional attributes dan ranah professional practice sekaligus

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lesson study matematika, kompetensi guru matematika, prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item