Pengembangan LKS IPA untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Guided Inquiry

Susilo, Abas (2015) Pengembangan LKS IPA untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Guided Inquiry. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-abas-susilo.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2) keefektifan LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry untuk meningkatkan ketrampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry. Prosedurpengembangandalampenelitian ini mengacu padalangkah-langkahdari Model Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf, validasi dan revisi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh tiga dosen ahli, tiga guru IPA, dan dua orang teman sejawat. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VII D SMP N 2 Turi. Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas VII B SMP N 2 Turi sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C SMP N 2 Turi sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar validasi produk, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan RPP, lembar observasi ketrampilan proses sains, dan soal pretes dan postes ketrampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian ini adalah LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry dengan kelayakan menurut penilaian ahli nilai rata-rata sebesar 4,16 dengan kategori “Baik”, dan guru serta teman sejawat nilai rata-rata ≥ 4,2 dengan kategori “Sangat Baik”. LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry mampu meningkatkan ketrampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitis siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS IPA, guided inquiry, ketrampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item