Model Kurikulum Pendidikan Tinggi pada Program Khusus Kelas Internasional: Studi Kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga

Nurman, Muhammad (2014) Model Kurikulum Pendidikan Tinggi pada Program Khusus Kelas Internasional: Studi Kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-nurman-12703259028.swf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model kurikulum Program Khusus Kelas Internasional (KKI) STAIN Salatiga dan secara khusus adalah untuk menggali dan mengungkapkan secara mendalam perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, pengawasan, dan pengembangan kurikulum. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksploratori. Penelitian ini dilakukan di STAIN Salatiga. Responden dalam penelitian ini adalah ketua STAIN Salatiga, pembantu ketua bidang akademik, direktur, dosen, dan mahasiswa program KKI STAIN Salatiga. Data dikumpulkan melalui observasi terus terang, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Analisis data wawancara menggunakan analisis induktif interatif model Miles & Huberman, yaitu dimulai dari pengelompokan data, reduksi, displai, dan verifikasi. Analisis data observasi menggunakan model anecdotal record, yaitu melalui pengamatan perilaku dan kondisi yang muncul serta interprestasi. Data dokumen menggunakan analisis isi dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dan konfirmabilitas. Uji kredibilitas terdiri dari member check, trianggulasi, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model kurikulum program KKI STAIN Salatiga adalah kurikulum pengayaan berbasis kompetensi yang memiliki karakteristik penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris, muatan keislaman, dan budaya lokal. (2) Perencanaan model kurikulum dimulai dengan melakukan analisis SWOT, analisis profil lulusan, analisis tracer study, struktur kurikulum dan mata kuliah, pemilihan bahan ajar, berdasarkan kompetensi, dan hasil seleksi mahasiswa. (3) Pengorganisasian model kurikulum terdiri dari institutional curriculum, cultural curriculum, separated subject curriculum, by course and self study, dan penggabungan antara model dinamik dan akademik. (4) Implementasi model kurikulum disesuaikan dengan tingkatan mahasiswa, melalui proses perkuliahan dengan metode yang bervariatif, praktikum mata kuliah, dan melalui ujian formal. (5) Pengawasan model kurikulum dilakukan melalui pengawasan sumber daya dosen, review, dan evaluasi kurikulum yang dilakukan secara berkala di awal dan di akhir semester. (6) Pengembangan model kurikulum berorientasi pada wawasan global, keterbukaan, berpikir kritis, budaya lokal dan nasional, fleksibilitas, kerja sama, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan, dan kompetensi. Model kurikulum Program KKI STAIN Salatiga merupakan sebuah konsep dan model kurikulum baru yang perlu terus dikembangkan agar model kurikulum tersebut dapat menghantarkan mahasiswa mampu bersaing pada pasar global dan memberikan kontribusi terhadap tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model kurikulum, kelas internasional, perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, pengawasan, dan pengembangan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:24
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item