Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis CTL untuk Meningkatkan Sikap dan Penalaran Saintifik Materi Ekosistem Pantai Berbatu

Lamapaha, Yulia Florentia (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis CTL untuk Meningkatkan Sikap dan Penalaran Saintifik Materi Ekosistem Pantai Berbatu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia-florenty-lamapaha-12708259024.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas LKS berbasis CTL yang dapat meningkatkan sikap dan penalaran saintifik pada materi ekosistem pantai berbatu, (2) pengaruh LKS berbasis CTL materi ekosistem pantai berbatu terhadap sikap siswa, dan 3) pengaruh LKS berbasis CTL materi ekosistem pantai berbatu terhadap penalaran saintifik siswa. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall meliputi 10 tahapan utama, namun dalam penelitian ini hanya dibatasi pada langkah 1-7. (studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft LKS dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan). Subjek coba adalah siswa kelas X SMAN 2 Wonosari sejumlah 45 orang dengan rincian: 15 siswa SMAN 2 Wonosari untuk uji coba terbatas dan 30 siswa SMAN 2 Wonosari untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi LKS, lembar angket sikap dan respons siswa, dan soal tes penalaran saintifik (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKS berbasis CTL materi Ekosistem Pantai Berbatu untuk siswa kelas X SMA hasil pengembangan telah layak digunakan berdasarkan indikator pengembangan LKS berbasis CTL yang termuat dalam kajian teori, dan dinilai baik pada semua indikator penilaian oleh validator (ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, guru biologi, teman sejawat). LKS berbasis CTL dapat tmeningkatkan sikap dan penalaran saintifik siswa karena telah mengikuti sintaks yang benar. 2) Pada uji coba terbatas, rata-rata sikap siswa yang belajar dengan LKS berbasis CTL hasil pengembangan adalah sebesar 75,4 yang berbeda nyata dan lebih tinggi dibanding sikap siswa pada kelas kontrol yaitu 67,7. Pada uji coba lapangan, rata-rata sikap siswa yang belajar dengan LKS berbasis CTL hasil pengembangan adalah sebesar 74,6 yang berbeda nyata dan lebih tinggi dibanding sikap siswa pada kelas kontrol yaitu 69,6. 3) Pada Uji coba terbatas, rata-rata penalaran saintifik siswa yang belajar dengan LKS berbasis CTL hasil pengembangan adalah sebesar 13,5 berbeda nyata dan lebih tinggi dibanding penalaran siswa pada kelas kontrol yaitu: 9,9. Pada uji coba lapangan, rata-rata terkoreksi skor penalaran saintifik siswa pada kelas eksperimen adalah 13,0 yang berbeda nyata dan lebih tinggi dari rata-rata penalaran saintifik siswa pada kelas kontrol yaitu 9,8 maka disimpulkan bahwa LKS berbasis CTL yang dikembangan valid dan layak digunakan dan penggunaan LKS yang telah dikembangkan dalam pembelajaran dapat meningkatkan sikap dan penalaran saintifik siswa pada materi ekosistem pantai berbatu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS, CTL, Sikap, Penalaran Saintifik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item