Pengembangan Model Evaluasi Program Life Skills Pendidikan Luar Sekolah

Hadi, Sofyan (2014) Pengembangan Model Evaluasi Program Life Skills Pendidikan Luar Sekolah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sofyan hadi-08701269012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi penyelenggaraan pendidikan life skills yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pimpinan pendidikan luar sekolah dan segenap pamong belajar, tutor, instruktur serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan pendidikan life skills. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model research and development yang dikembangkan Borg dan Gall juga RDD dari Hopkins and Clark dengan pendekatan kuantitatif. Prosedur pengembangan secara garis besar dipetakan menjadi tahap pra-pengembangan, pengembangan dan penerapan model melalui langkah-langkah penyusunan instrumen pertanyaan evaluasi program, membuat model evaluasi program, telaah model dengan validasi ahli dan pakar (Delphi) dan focus group discussion (FGD), membuat instrumen dan panduan, uji reliabilitas dan validitas instrumen. Uji coba model ditempuh melalui uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar/lapangan (final). Subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive, dengan memilih Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Kabupaten Jember, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bondowoso, Lembaga Pendidikan dan Kursus (LPK) Prospective College di Jember dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) As-Syifa Jember yang memenuhi kriteria sebagai lembaga pendidikan luar sekolah. Pengembangan instrumen menggunakan kuesioner, tes, dan lembar pengamatan. Instrumen evaluasi menggunakan skala Likert. Teknik analisis data confirmatory factor analysis (CFA). Analisisnya menggunakan model persamaan struktural (structural equation modelling/SEM versi 8.51) dan analisis menggunakan statistik deskriptif melalui program SPSS 17 yang kemudian diinterpretasikan melalui data kualitatif hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Model evaluasi life skills education (ELSEd), meliputi komponen input, proses dan hasil pendidikan life skills. Input pendidikan life skills meliputi tiga kriteria: materi pendidikan, sarana pendidikan, dan motivasi belajar. Proses pendidikan life skills meliputi empat kriteria: kinerja tutor, metode pendidikan, suasana belajar dan sikap peserta. Hasil pendidikan life skills meliputi kecakapan akademik, kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan vokasi. (2) Evaluasi model ELSEd hasil penelitian dan pengembangan memiliki kepekaan yang baik terhadap objek yang diteliti dan mengungkap data yang dihasilkan. (3) Tingkat koherensi instrumen ELSEd ketika digunakan untuk menilai evaluasi input, proses dan hasil program life skill pendidikan luar sekolah sesuai dengan rancangan. (4) Model ELSEd memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan evaluasi model lain, yakni (a) model digunakan untuk mengevaluasi program pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup di pendidikan luar sekolah, (b) tidak tergantung pada pendekatan pembelajaran tertentu, (c) komprehensif, (d) dapat digunakan sebagai evaluasi diagnostik, (e) bersifat terbuka untuk dikembangkan lebih lanjut. (5) Reliabilitas instrumen input, proses maupun hasil di empat lembaga, UPT-PK Jember, SKB Bondowoso, LKP Prospektif Collegge Jember dan PKBM Asy-syifa Jember dengan teknik Cronbach Alpha antara 0,826 - 0,975 maka dapat dikatakan reliabel, dan validitasnya untuk semua konstruk model ELSEd nilai nilai chi square sebesar: 4,188-191,686; p-value: 0,063-0,241; dan nilai RMSEA: 0,029-0,076. Oleh karena p-value lebih besar dari 0,05 dan RMSEA kurang dari 0,08, maka dapat dinyatakan bahwa model ELSEd adalah cocok dan fit. (6) Kelebihan model ELSEd dalam proses implementasi di pendidikan luar sekolah yaitu (a) komprehensif, (b) sederhana, (c) fleksibel, (d) efektif, dan (e) berorientasi life skills.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model, evaluasi, program, life skills, pendidikan luar sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 28 Jun 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item