PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARANPROJECT CITIZEN PADA SISWA KELAS X2 SMA WIDYA KUTOARJO

Ruwet Rusiyono (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARANPROJECT CITIZEN PADA SISWA KELAS X2 SMA WIDYA KUTOARJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RUWET_RUSIYONO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusisiswa kelas X2 SMA Widya Kutoarjo dengan model pembelajaranproject citizen. Peningkatan dilaksanakan secara proses dan produk dengan menerapkan model pembelajaranproject citizen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan diSMA Widya Kutoarjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasX2yang terdiri atas29 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu;perencanaan(planning), pelaksanaan tindakan(acting), observasi(observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guruBahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, penilaian keterampilan berdiskusi, angket, wawancara dengan guru dan siswa, pedoman penskoran yang dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapembelajaranproject citizendapat meningkatkan keterampilanberdiskusi padasiswa kelas X2 SMA Widya Kutoarjo. Peningkatanketerampilan berdiskusi siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan, interaksi, sikap, dan antusias siswa ketika melakukan diskusi menggunakan model pembelajaranproject citizensehinggadapat menciptakan suasana diskusiyangaktif dan menyenangkan bagi siswa. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Rata-rata skor pada saat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar6,68berkatergorikurang, rata-rata skor pada siklus I sebesar 15,51berkategori kurang baik, rata-rata skor pada siklus II sebesar 24,31 berkategori cukup baik,dan rata-rata skor pada siklus III sebesar32,65berkategori baik. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus III adalah sebesar 25,97.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:08
Last Modified: 29 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1306

Actions (login required)

View Item View Item