Hubungan Penguasaan Kosakata dan Ketepatan Menemukan Gagasan dengan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang

Susilawati, Tjatur Marti (2014) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Ketepatan Menemukan Gagasan dengan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-tjatur-marti-susilawati-12706259045.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman, (2) ketepatan menemukan gagasan dengan keterampilan membaca pemahaman, dan (3) penguasaan kosakata dan ketepatan menemukan gagasan dengan keterampilan membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 262 responden dari 818 anggota populasi siswa kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penentuan sampel berdasarkan teknik proportional cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Validitas instrumen diuji dengan analisis butir soal menggunakan program ITEMAN, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata dan keterampilan membaca pemahaman (X1-Y) memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil r sebesar 0,613 dan sig ρ<0,05. Hasil uji korelasi ketepatan menemukan gagasan dan keterampilan membaca pemahaman (X2-Y) terbukti positif dan signifikan dengan r = 0,641 dan sig ρ<0,05. Hasil uji korelasi parsial untuk X1.X2-Y menghasilkan r = 0,151 dan untuk X2.X1-Y, hasil r = 0,281 sig ρ<0,05. Analisis regresi linear ganda menghasilkan r sebesar 0,651 sig ρ<0,05, yang berarti hubungan penguasaan kosakata dan ketepatan menemukan gagasan dengan keterampilan membaca pemahaman terbukti positif dan signifikan. Persamaan regresi linier yang dihasilkan adalah Ŷ = (-0,610) + 0,340X1 + 1,278X2. Pengaruh penguasaan kosakata dan ketepatan menemukan gagasan terhadap keterampilan membaca pemahaman sebesar 0,420 atau 42% dan terbukti signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata, ketepatan menemukan gagasan, keterampilan pemahaman bacaan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 24 Nov 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item