Ismalia, Titik (2015) Pengembangan Program Pelatihan Pra-magang untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember Bidang Reservasi Hotel dan Pemanduan Wisata. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-titik-ismalia.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model program pelatihan pra-magang yang baik yang terdiri dari pola program pelatihan, buku pedoman pelaksanaan pembekalan PKL (Praktek Kerja Lapang), modul dan handoutEnglish for Spesific Purposes (ESP)dalam materi reservasi hotel dan pemanduan wisata. Produk tersebut dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa program studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember (Polije). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah Borg and Gall dengan prosedur pengembangan yang disederhanakan menjadi empat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, dan pengembangan produk akhir. Subyek uji coba adalah mahasiswa semester V Prodi Bahasa Inggris Polije dengan jumlah 14 orang untuk uji coba lapangan skala kecil dan 13 orang untuk uji coba lapangan skala besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data wawancara danfocus group discussion (FGD)yang digunakan yaitu statistik deskriptif, sementara untuk data hasil observasi digunakan rubrik penilaian, dan data hasil angket menggunakan skala 5. Produk yang dihasilkan berupa skema pola program pelatihan, buku pedoman pembekalan PKL, modul dan handout untuk materi reservasi hotel dan pemanduan wisata. Kualitas produk tersebut telah dinilai oleh ahli kurikulum dan pembelajaran, ahli materi, dan uji coba skala kecil dan besar dengan hasil baik
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Mar 2015 03:37 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13048 |
Actions (login required)
View Item |