PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA)

Dhian, Farah Rosyana (2015) PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA). S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
DHIAN FARAH R_10111244014.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

TK Khalifah merupakan TK yang memiliki icon sebagai TK yang mengusung tema entrepreneurship dalam kegiatan pembelajaran dan berupaya untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari hari. Hal ini masih jarang dijumpai dilembaga TK yang lain. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran nilai-nilai kewirausahaan bagi anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Subjek penelitian pada kegiatan penelitian studi kasus di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta meliputi guru, siswa, dan pengurus TK Khalifah.Objek penelitian adalah proses pembelajaran nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan yakni nilai tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, kerjasama, berani/percaya diri, dan menghargai prestasi. Proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan program penunjang kegiatan pembelajaran. Kegiatan kurikuler meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Program penunjang kegiatan pembelajaran dilaksanakan di luar kegiatan kurikuler. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan yakni melalui pembiasaan, permainan untuk pembentukan kepribadian anak, inkulkasi nilai, keteladanan nilai, fasilitasi, pengembangan keterampilan, kegiatan eksploratori, pemecahan masalah, diskusi, belajar kooperatif, demonstrasi, dan pengajaran langsung. Faktor pendukung proses pembelajaran yakni letak geografis TK, team work yang baik antar guru, dan peran serta orang tua. Adapun faktor penghambat proses pembelajaran yaitu keterbatasan SDM guru, dan media pembelajaran yang minim. Kata kunci: pembelajaran, anak usia dini, nilai-nilai kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item