PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Marabonggala Mukafih Siregar, Marabonggala (2015) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Marabonggala Siregar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interpersonal melalui metode sosiodrama pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta berjumlah 32 siswa, 18 laki-laki dan 14 perempuan dengan usia rata-rata 13-14 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan dan konseling (BK) yang dimulai pada tanggal 22 Februari sampai 12 April 2014. Metode sosiodrama dilakukan dalam 1 siklus 3 tindakan dalam 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian dengan skala kemampuan interpersonal, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kondisi awal kemampuan interpersonal siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta sedang. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata kemampuan interpersonal 64,75 dan dikategorisasikan kemampuan interpersonal sedang. (2) Siklus 1 diberikan metode sosiodrama yang meliputi 3 tindakan yaitu berdrama dan menyimak drama tentang: Siswa Teladan, Tobatnya Preman Sekolah, dan Sahabat Sejati yang diperankan oleh siswa sendiri, sehingga kemampuan interpersonal siswa di kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta menjadi meningkat. Peningkatan kemampuan interpersonal dibuktikan dari hasil pos-test skor kemampuan interpersonal rata-rata sebesar 77,84 dan dikategorikan kemampuan interpersonal tinggi. Peningkatan skor kemampuan interpersonal rata-rata dari pre-test ke pos-test yaitu sebesar 13,09 poin dan (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kemampuan interpersonal siswa menunjukkan antusias tinggi dalam metode sosiodrama dari tindakan I, II, dan III, hasil wawancara dengan guru BK, siswa sudah memiliki kemampuan interpersonal yang sangat tinggi. Kata kunci: metode sosiodrama, kemampuan interpersonal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item