PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN BIDANG TATA BUSANA SISWA SMK NEGERI 7 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

Ika Widiyawati, Ika (2015) PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN BIDANG TATA BUSANA SISWA SMK NEGERI 7 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling simbolis terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana pada siswa SMK Negeri 7 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan subyek siswa kelas XII jurusan busana butik I dan II SMK Negeri 7 Purworejo yang berjumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala minat kewirausahaan bidang tata busana yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan teknik modeling simbolis berpengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK Negeri 7 Purworejo Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test diketahui bahwa sig<α (0,05), mean pada pre-test kelas eksperimen sebesar 99,93 dan pada post-test kelas eksperimen sebesar 110,36. Hal ini berarti hasil post-test pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil pre-test. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat yang semula sedang menjadi tinggi setelah pemberian perlakuan pada kelas ekperimen. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis memberikan pengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK N 7 Purworejo. Kata kunci : modeling simbolis, minat kewirausahaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item