HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN

Mardiyati, Mardiyati (2015) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mardiyati_10104244044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dengan jumlah 113 siswa dari jumlah populasi 161 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dalam bentuk skala. Analisis validitas instrument menggunakan rumus Corrected Item-Total Correlation. Hasil pengujian validitas instrument kecerdasan emosional diperoleh 44 item valid dengan koefisien bergerak dari 0,310 sampai dengan 0,692 sedangkan instrument kemandirian belajar diperoleh 56 item valid dengan koefisien bergerak dari 0,300 sampai 0,692. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala kecerdasan emosional sebesar 0,930 sedangkan pada skala kemandirian belajar sebesar 0,946. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment yang didahului dengan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar pada siswa tersebut, begitu juga sebaliknya. Hasill ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi sebesar 0,703 dengan signifikansi p=0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hipotesis alternatif penelitian diterima. Hasil analisis korelasi mendukung perolehan koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,494 yang menunjukkan bahwa 49,4% kemandirian belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dipengaruhi kecerdasan emosional. Kata kunci: kecerdasan emosional, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item View Item