KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN KEPADA ANAK DALAM METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK ABA DUKUH MANTRIJERON YOGYAKARTA

Kurniawati (2015) KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN KEPADA ANAK DALAM METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK ABA DUKUH MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KURNIAWATI 10111241030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pemberian penguatan verbal dan nonverbal guru kepada anak dalam metode pemberian tugas di Kelompok B TK ABA Dukuh Mantrijeron Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan anak kelompok B yang dipilih dengan purposive sampling di TK ABA Dukuh Mantrijeron Yogyakarta. Data diambil melalui observasi dan wawancara. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru memberikan penguatan verbal untuk memberi pujian, dorongan, motivasi, membujuk anak, menasihati, dan menegur anak saat anak mengerjakan tugas. Guru yang telah menerapkan pemberian penguatan verbal sebesar 100%. 2) Guru memberi penguatan nonverbal saat pemberian tugas menggunting dan menempel dengan duduk bersama anak, memberi anggukan, gelengan kepala, acungan jempol, dan memberi tanda bintang pada hasil tugas anak. Penguatan nonverbal yang guru berikan pada pemberian tugas menggambar dan mewarnai, menulis, dan mengerjakan LKA dengan: duduk bersama anak melihat proses anak mengerjakan tugas, memberi bantuan belajar, berkeliling, berdiri di samping anak, memberi anggukan dan gelengan kepala, acungan ibu jari, dan memberi tanda bintang pada hasil tugas anak. Penguatan sentuhan diberikan guru untuk memuji sikap anak dengan mengelus kepala dan menegur anak dengan menyentuh salah satu bagian tubuh anak. Guru yang telah menerapkan penguatan mendekati sebesar 80%, penguatan sentuhan 40%, penguatan gerak/isyarat 100%, penguatan simbol/benda 40%, dan penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan 100%. Kata kunci : keterampilan guru memberi penguatan verbal dan nonverbal, guru, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13021

Actions (login required)

View Item View Item