PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA KMS KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA REGULER DI SMP N 8 YOGYAKARTA

Bayu Pradhana, Bayu (2015) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA KMS KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA REGULER DI SMP N 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi siswa KMS dan siswa Regular di SMP N 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan komparasi dengan subjek penelitian siswa kelas VII , VIII dan IX SMP N 8 Yogyakarta dengan jumlah 33 siswa KMS dan 33 siswa Regular dengan menggunakan teknik cluster quota random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala. Analisis data menggunakan perbandingan , data diperoleh selanjutnya dihitung menggunakan teknik analisis statistic uji-t. Penelitian ini dimulai dengan uji coba instrumen, dari hasil uji validitas diperoleh koefisien validitas bergerak dari 0,229 sampai 0,691 dan reabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,935 untuk skala motivasi berprestasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dengan penyebaran skala. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikasi sebesar 0,310 untuk skala motivasi berprestasi. Uji-t motivasi berprestasi sebesar 2,264. Hasil tersebut menunjukan bahwa varian sama atau homogen dan terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa KMS dan siswa Regular. Pada siswa KMS secara umum nilai rata-rata nya 159,03 , sedangkan pada siswa Regular secara umum nilai rata-ratanya 152,36. Siswa KMS lebih tinggi skor nya dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagalan, mengungguli prestasi yang pernah dicapai, kesemprnaan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri, tetapi masih rendah dalam mengungguli prestasi orang lain. Siswa Regular lebih tinggi skor nya dalam hal mengungguli prestasi orang lain, dan rendah dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagagalan, mengungguli prestasi sendiri yang pernah dicapai, kesempuraan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13008

Actions (login required)

View Item View Item