HUBUNGAN KEMAMPUAN ANAK BERCERITA DENGAN KEBERANIAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA KELOMPOK B TK SE-KECAMATAN TEMON KULON PROGO

Rieska, Khairunnisa (2015) HUBUNGAN KEMAMPUAN ANAK BERCERITA DENGAN KEBERANIAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA KELOMPOK B TK SE-KECAMATAN TEMON KULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rieska.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan anak bercerita dengan keberanian berbicara di depan umum pada kelompok B TK se-Kecamatan Temon Kulon Progo. Keberanian berbicara penting untuk ditanamkan pada anak agar anak mudah bergaul dan menampilkan potensi yang dimiliki anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi.Lokasi peneliti yang dipilih yaitu di TK se-Kecamatan Temon.Populasi penelitian adalah 502 anak kelompok B TK se-Kecamatan Temon.Sampel dipilih dengan teknik simplerandomsampling dan anggota sampel dipilih dengan undian.Sampel dari penelitian adalah 205 anak kelompok B yang dipilih secara random atau acak dengan undian. Variabel penelitian adalah kemampuan anak bercerita dan keberanian berbicara di depan umum. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode observasi dengan bentuk ratingscale. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian yaitu teknik korelasi Spearman dengan bantuan program SPSS for windows release 16. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak bercerita kelompok B TK se-Kecamatan Temon yaitu kemampuan anak bercerita sebagian besar berada pada kategori mulai berkembang (MB). Untuk hasil keberanian berbicara di depan umum anak kelompok B yaitu sebagian besar berada pada kategori MB atau mulai berkembang.Hubungan antar kedua variabel yaitu positif dan signifikan antara kemampuan anak bercerita dengan keberanian berbicara di depan umum pada kelompok B TK se-Kecamatan Temon. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0.589 dengan nilai signifikan (p) sebesar 0.000 < 0.05.Bernilai positif artinya semakin baik kemampuan anak bercerita, maka akan semakin tinggi tingkatkeberanian anak berbicara di depan umum. Kata kunci: kemampuanbercerita, keberanianberbicara di depan umum, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item