UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 JUWIRING KLATEN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING

Agung Budi Untoro (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 JUWIRING KLATEN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING. S1 thesis, UNY.

[img] Text
COVER_bagus.rtf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Juwiring Klaten dengan model reciprocal teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Juwiring Klaten yaitu sebanyak 40 siswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan kegiatan pembelajaran pada penerapan model reciprocal teaching. Instrumen yang digunakan selama pelaksanaan penelitian adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model reciprocal teaching, pedoman wawancara, angket motivasi belajar siswa serta tes pada akhir siklus I dan siklus II. Angket diberikan kepada siswa sebelum tindakan dan pada akhir siklus I dan siklus II untuk mengetahui sejauh mana motivasi siswa dalam belajar. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan ketika tindakan dilaksanakan, dokumentasi, hasil wawancara guru dan siswa, dan hasil angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Juwiring Klaten dalam pembelajaran dapat dilakukanm melalui pembelajaran matematika dengan model reciprocal teaching yaitu pembelajaran yang dilaksanakan melalui tahap sebagai berikut: (1) Merangkum atau meringkas yaitu mencari informasi sendiri, (2) Membuat contoh soal, (3) Mempresentasikan atau menjelaskan. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan model reciprocal teaching, motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan motivasi belajar yang dicapai siswa dari pra tindakan ke siklus I dilanjutkan ke siklus II, yaitu meliputi: (a) motivasi intrinsik yaitu dari 53,21% pada pra tindakan menjadi 61,10% pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 68,10%, (b) motivasi ekstrinsik meningkat yaitu dari 50,46% pada pra tindakan menjadi 54,68% pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 63,30%, Selain itu diketahui pula bahwa sebagian besar siswa memberikan sikap/tanggapan yang baik terhadap pembelajaran dengan model reciprocal teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:51
Last Modified: 08 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item