PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUSMELALUIKEGIATAN MERONCE MENGGUNAKANBAHAN TANAH LIATPADA KELOMPOK B TK YAYASAN MASYITHOH BERAN BUGELKULON PROGO

Mumpuni, Arum Bakti (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUSMELALUIKEGIATAN MERONCE MENGGUNAKANBAHAN TANAH LIATPADA KELOMPOK B TK YAYASAN MASYITHOH BERAN BUGELKULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan bahan tanah liat pada anak kelompok B TK Yayasan Masyithoh Beran, Bugel, Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B yang masih rendah perkembangan motorik khususnya pada keterampilan motorik halus anak serta kegiatan pembelajaran hanya sebatas pada Lembar Kerja Anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan bahan tanah liat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada tiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 58,89%, pada siklus I sebesar 76,67% dengan peningkatan 17,78% dan pada siklus II sebesar 94,44% dengan peningkatan 17,77%, sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce anak melebihi indikator keberhasilan yaitu 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Penjelasan guru dalam meronce lebih diperjelas dengan guru mendemonstrasikan cara meronce sampai selesai; 2) Peneliti membuat lubang roncean dibuat lebih besar; (3) Peneliti membakar ujung roncean; 4) Guru mendampingi dan memotivasi anak; 5) Peneliti menambah jumlah wadah yang tersedia agar anak tidak berebut saat mengambil roncean. Kata Kunci: keterampilan motorik halus, meronce menggunakan bahan tanah liat, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12996

Actions (login required)

View Item View Item