PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL

Rian, Adhisti (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
BAB I-V REVISI PASCA UJIAN (3).pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode bercerita anak kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Subjek penelitian adalah 12 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila minimal 75% dari jumlah anak dapat mencapai kriteria keterampilan berbicara dengan predikat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak meningkat setelah dilakukan tindakan berupa penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran. Pada tahap Pratindakan, hanya terdapat 1 anak (8,3%) yang memperoleh predikat baik. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, terdapat 5 anak (41,7%) yang memperoleh predikat baik. Pada Siklus II, jumlah anak yang memperoleh predikat baik meningkat menjadi 9 anak (75%). Langkah-langkah yang ditempuh sehingga keterampilan berbicara anak meningkat adalah: 1) Guru menjadi model bercerita menggunakan buku cerita bergambar dan gambar ilustrasi; 2) Guru mengganti alat peraga dan reward; 3) Guru fokus pada kegiatan bercerita kembali dan membacakan cerita dua kali; serta 4) Guru memberi kesempatan dan bimbingan pada anak untuk melakukan praktik berbicara melalui kegiatan bercerita. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode bercerita, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item View Item